24.5.07

nataya dan makanan padat


nataya udah hampir 8 bulan sekarang. alhamdulillah, saya berhasil! berhasil! berhasil! memberi dia ASI eksklusif sampai 6 bulan. hooraaay!

setelah 6 bulan nataya mulai makan makanan padat. menu pertamanya adalah bubur tepung beras putih, lanjut dengan bubur tepung beras merah. alhamdulillah, nataya suka, lahap sekali makannya! tapi setelah kira-kira 2 minggu makan makanan padat, nataya mengalami sembelit. duh, kasian deh. ga tega gitu ngeliat dia ngeden gila-gilaan sampai keringetan mau ngeluarin pupnya yang keras. tapi setelah saya kasih buah-buahan, sayur-mayur, air putih dan air rebusan sayuran yang banyak, berangsur-angsur pupnya jadi melunak.


dari semua buah-buahan dan sayur yang saya kasih, nataya paling bete sama pisang dan pepaya. hahahaha! waktu pertama kali saya kasih pisang, dia sampai bergidik gitu nelennya. sebegitu enegnya-kah? akhirnya pun dia muntah setelah suapan yang ketiga. kasian. nyesel deh ngasih dia pisang :( nah kalau pepaya, entah mengapa.. waktu pertama-tama dia mau-mau aja, tapi lama-lama kok ga mau, mulutnya tertutup rapat untuk buah yang satu ini, sampai akhirnya dia marah-marah, nangis kejer saking ngamuknya. huehehe, akhirnya saya pun menyerah. pepaya langsung dicoret dari menu makanannya.

buah favorit nataya adalah pir xiang lie! dimakan bareng biskuit sebagai sarapan sambil nonton dora, wah udah nyetel banget deh! bisa lahap banget makannya.

selain itu nataya suka banget sama kentang rebus. dicampur dengan brokoli, wortel atau buncis. pasti lahap! oya, waktu itu pernah saya coba kasih kentang rebus dan bit. weleh, kesusahan saya. ngamuk lagi dia. kayanya dia ga suka bit.

tapi paling repot kalau gusinya lagi bengkak karena mau tumbuh gigi. nataya bisa rungsing seharian! dan tentunya merusak appetite dia. makanan yang tadinya dia suka sekali, akhirnya cuma dilepeh-lepeh aja. duh, sedih deh kalau udah gitu. gantian, ibunya yang pundung. hahahaha!

sampai sekarang nataya masih minum ASI. saya belum mengenalkan susu formula padanya. saya pikir selagi ASI saya masih cukup saya ga akan ngasih susu formula dulu. alhamdulillah, saya masih dikasih kesempatan untuk terus menyusui nataya. ga tau deh sampai kapan. kita lihat aja nanti ;)

No comments:

Post a Comment