25.5.07

pekerjaan paling mulia

bukan dokter, bukan guru, bukan dosen, bukan presiden, bukan perawat, bukan pekerja sosial, bukan, bukan. tapi menurut saya adalah seorang ibu rumah tangga!

gila, selama ini saya buta banget sama pekerjaan rumah tangga. tapi setelah saya mengalaminya sendiri.. weleh.. kayanya pekerjaan ini lebih menguras tenaga dibandingkan jadi desainer grafis di sebuah majalah franchise!

bayangkan saja, seorang ibu rumah tangga harus memiliki fisik dan mental yang kuat untuk mengurus suami, anak dan rumah. siapa bilang me-manage dapur, menu, keuangan, kebersihan rumah, jadwal kegiatan anak sehari-hari itu mudah! bahkan me-manage seorang pembantu-pun bisa dibilang tidak mudah!

saya pikir, seorang ibu tidak boleh sakit. dia harus sakti, harus senantiasa sehat walafiat. sakit sedikit tidak boleh mengeluh, pakai obat yang dijual bebas pun harus bisa langsung sembuh! tenaganya juga ga boleh habis, harus selalu fully charged!

seorang ibu adalah manager jempolan. dia harus pandai me-manage waktu antara anak, suami, rumah tangga, pekerjaan di luar pekerjaan rumah tangga (side jobs dan karier), dan tentunya waktu untuk diri sendiri.

dia harus pandai mengurus dan mendidik anak supaya si anak jadi anak yang sholeh, pandai, baik hati, serta baik budi. dia pun harus pandai mengurus suami supaya si suami ga lari, ga ‘cari jajanan’ di luar. dia harus super duper kreatif menyusun menu makanan sehari-hari. dia harus cerdik menyiasati keuangan keluarga. dia harus bisa mendelegasikan tugas bersih-bersih rumah pada pembantu. dia juga harus jadi ibu yang penuh kasih sayang agar rumahnya senantiasa hangat sehingga suami dan anak-anak betah di rumah. belum lagi kalau dia punya karir, wah dia harus pandai-pandai menyiasati waktu luang untuk pekerjaannya itu. hobi? wah itu lagi, musti bener-bener cari celah supaya masih bisa mengerjakan hobi dengan leluasa. dan yang penting lagi dia juga harus pandai mencari waktu untuk bisa mengurus diri. jangan sampai dia sibuk mengurus rumah tangga tapi diri sendiri ga keurus!

walah!

apa saya sanggup jadi ibu rumah tangga yang baik?

5 comments:

  1. Yeaaa..
    You go girl..
    Mmm..You go super duper housewife!!!
    Semangaatt...!!
    :)

    ReplyDelete
  2. Kamu pasti bisa Jeng As... :)

    ReplyDelete
  3. Sari Ganesha3/4/08 10:17 AM

    Amin. Saya juga mengalami hal yang sama Mbak. Hohohoho ... dari gak punya ide sama sekali menjadi istri dan ibu, sampe sekarang ngerti 'dahsyat'nya power seorang ibu. Semoga selalu diberkahi kesehatan untuk mengurus keluarga ya Mbak. Btw, salam kenal =)

    ps: ngisi blog pun tak sempat ...hahahahaha

    ReplyDelete
  4. sanggggggguppp! asri, anakmu luar biasa lucuuuu.. :*

    ReplyDelete
  5. @tanti & dian SEMANGAT!! :P
    @Sari Amien! salam kenal juga :) eh alamat blognya di mana? akan dilakukan kunjungan balasan :P
    @ameshh eeh ternyata komennya ga kehapus :P

    ReplyDelete